Pages

Subscribe:

14.5.07

Media Tanam Adenium

Media tanam merupakan salah satu unsur penting dalam merawat adenium anda. Campuran yang tepat didukung unsur hara yang maksimal akan membantu Adenium Anda tumbuh prima.
Porousitas adalah faktor utama dikarenakan adenium sangat rentan serangan busuk akar jika media yang digunakan terlalu mengikat air.
Campuran media yang biasa saya gunakan adalah :
1. Pasir malang
2. Sekam bakar
3. Cocopeat
4. Pupuk kandang matang
Perbandingan yang biasa saya gunakan adalah 1:3:2:2. Analisa saya adalah pasir malang memiliki bentuk yang kasar dan cenderung melukai akar pada saat pertumbuhan adenium sedang pesat. Hal ini akan melukai akar dan memicu terjadinya busuk akar.
Dengan media yang saya gunakan ini hasil yang saya dapat bisa dikatakan meminimize terjadinya busuk akar karena kecil kemungkinan terjadinya luka karena gesekan pasir malang dengan akar pada saat media tanam disiram .
Sekam digunakan karena alur tekstur yang kasar sehingga udara mudah lewat , sama dengan pasir malang yang memiliki rongga untuk perputaran udara, gunakan sekam bakar untuk menghindari root mealy bugs yang biasa bersarang pada sekam yang tidak dibakar. Kelemahan penggunaan sekam bakar ini adalah mudah hancur dan harus rajin melakukan penggantian media tanam.
Cocopeat saya gunakan sebagai media pengikat air , Idealnya cocopeat sudah direndam di air selama 1 hari satu malam untuk menghilangkan Zat Tanin ( penghambat pertumbuhan tanaman ) .
Pupuk kandang yang saya gunakan adalah pupuk kandang kambing . Dari enelitian yang ada oleh para ahli , sebenarnya pupuk kandang yang paling bagus digunakan adalah yang berasal dari ayam karena kandungannya NPKnya yang relatif tinggi dan mampu bertahan paling lama diantara pupuk kandang yang ada . Namun kendalanya adalah bau yang kurang sedap dan rumors flu burung yang beredar akhir akhir ini .
Berikut beberapa campuran media tanam yang biasa digunakan pekebun :
* 1:3:1:1 ( Pasir malang , sekam bakar, cocopeat , pupuk kandang )
* 2:1:1:1 ( Pasir malang , Sekam bakar , Sekam Biasa , Pupuk kandang )
* 2:1:1:1 ( Sekam bakar , Serutan kayu halus , Cocopeat , Pupuk kandang )
* 2:2:1:1 ( Biji kapuk , Sekam bakar , Sekam mentah , Pupuk kandang )
Sekarang tinggal bagaimana anda meramu media tanam anda sendiri sesuai dengan lingkungan anda dan porositas sebagai pegangan utama anda.

dari http://www.adesidjo.com/mediatanam.htm

Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!

0 komentar: